Empat Cara Melatih Kejujuran Anak Anda

Tentu Anda harus sangat bersabar untuk mengumpulkan setiap benda koleksi Anda. Bahkan harus menjelajahi setiap tempat hanya untuk menemukannya. Sabar merupakan salah satu sifat mulia yang mesti dimiliki Muslim.

Cara untuk melatih kesabaran terhadap anak

Anak autis kerap kali memiliki bakat atau anugerah tersembunyi, banyak dari mereka adalah jenius dan memiliki otak kreatif yang luar biasa. Namun, untuk “membuka” potensi mereka dan menggali bakat terpendam, anak dengan autisme sangat membutuhkan bantuan, terutama dari orangtua dan keluarga terdekatnya. Orang tua yang permisif secara ekstrem mungkin tidak menetapkan batasan saat anak tumbuh. Jika orang tua memberi anak terlalu banyak kekuasaan, sehingga anak akan menjadi manja.

Jika kita memikirkan penderitaan mereka, kita tidak akan tega untuk membiarkan mereka terus menderita. Kita kemudian dapat menerima dengan sabar atas segala perlakukan buruk saat kita memberikan pertolongan kepada yang membutuhkan. Dengan menjaga hati kita atas tujuan kita, kita tidak akan terpengaruhi oleh bagaimana orang memperlakukan kita atau memprovokasi kita hingga terjadi perselisihan. Kita akan menjadi lebih bertoleransi dan lebih pengertian, dan dapat mengatasi orang-orang dengan kehangatan, rendah hati, dan rasa penuh hormat. Ada orang-orang yang dengan marah memukul kotak-kotak penggalangan dana yang dipegang relawan Tzu Chi, ataupun dengan paksa merebut papan penggalangan dana dari tangan para relawan.

Dunia kita penuh dengan beraneka macam orang, ketika kita mencoba untuk berbuat bajik, maka kita akan bertemu orang-orang yang mendukung, juga orang-orang yang mempersulit kita. Jika pelatihan kesabaran kita tidak cukup kuat, maka kita tidak dapat beranjak maju, baik dalam kegiatan kerelawanan ataupun dalam pelatihan diri kita. Tetapi jika kita tidak mengembangkan paramita kesabaran, akan sulit bagi kita untuk dapat melatih paramita lainnya. Untuk melatih diri dalam berdana dan sila kita harus memiliki ketahanan untuk mengatasi kondisi-kondisi yang menantang.

Ini berguna karena pada umumnya Anak suka dengan pujian dan karena itu Dia bisa mengulangi tindakan yang sama untuk mendapat pujian lagi atau dari Orang lain. Anak pada umumnya suka meniru sesuatu dari Orang sekitarnya terutama Orang terdekat yaitu Orang Tuanya. Oleh karena itu, jadilah Orang Tua yang bisa memberi contoh tentang kesabaran. Dimanapun jika itu mendukung untuk memberikan contoh kesabaran pada Anak, maka lakukanlah. Tidak marah atau berteriak kepada anak bukan berarti membebaskan anak dari konsekuensi perbuatan mereka. Salah satu kunci untuk membesarkan anak yang bertanggungjawab adalah dengan cara menetapkan aturan dan konsekuensi yang sudah disepakati.

Namun, kalau kesabaran anak cepat habis, Moms perlu strategi khusus untuk mengajari anak pentingnya bersabar. Di era digital ini, dengan pengaruh media sosial yang sangat pesat, menimbulkan kekhawatiran akan apa yang dikonsumsi anak- anak. Namun orang tua tetap dapat mengatasi hal ini dengan mendorong anak untuk mengonsumsi konten- konten edukatif yang menarik, seperti infografis atau fun Situs Slot Gacor information yang menarik minat mereka. Pembelajaran yang ingin orang tua sampaikan ke anak juga dapat diterima dengan baik, karena bermain juga bentuk komunikasi untuk anak- anak. Tidak mudah memang untuk bisa sabar menghadapi berbagai karakter orang. Tidak jarang, ekspektasi kita tidak bisa terpenuhi, bahkan dalam hal-hal sederhana sekalipun.

Nah, jika Mom merasa bingung bagaimana memulai mengajarkan sikap sabar, mulailah dengan melakukan kegiatan menyenangkan yang bisa melatih kesabaran. Ibu tentu setuju ya, bahwa kesabaran adalah salah satu modal penting dalam menjalani keseharian? Itu sebabnya, kemampuan satu ini perlu dilatih dengan baik sejak dini.

Puasa adalah menahan sekaligus meredam hasrat dan hawa nafsu yang terdapat dalam diri manusia. Seseorang yang berpuasa pada dasarnya sedang berada di puncak kesabaran yang tidak ada bandingannya, baik di dunia maupan kelak ketika berhadapan langsung dengan Allah Swt pada hari kiamat. Mulailah dari hal-hal kecil terlebih dahulu yang tentunya disesuaikan dengan tingkat usia anak. Dari mulai mandi, menyiapkan baju, dandan, makan, semuanya bisa dilakukan sendiri jika kita sudah melatih dan mengajarkan anak agar mandiri.

Kintaro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *