Ajaran Islam Bagi Ibu Untuk Melatih Kesabaran

Untuk mencapai hasil belajar yang optimum, maka pembelajar harus memusatkan pikiran, perasaan, dan perilaku hanya pada objek belajarnya saja. Dengan kata lain pembelajar bisa menyingkirkan segala gangguan baik yang berasal dari dalam diri maupun dari lingkungan. Ucapkan kata-kata apresiasi ketika dia berhasil melakukan suatu pekerjaan dengan baik, seperti “Terima kasih adik hari ini sudah bisa membersihkan tempat tidur”. Bunda juga bisa menyampaikan kalimat yang membangkitkan semangatnya, saat dia sedang berusaha mengerjakan tugasnya. Misalnya, “Adik baik sekali membantu Bunda mencuci piring setelah makan”.

Permainan yang tidak terstruktur, adalah yang paling sesuai untuk anak-anak usia satu sampai tiga tahun . Permainan yang akan dilakukan, semestinya disesuaikan dengan ketertarikan anak. Contohnya, jika anak sedang senang permainan yang aktif, Ibu bisa membuat Slot Online permainan yang melibatkan melompat atau menari. Jika anak sedang menyukai permainan yang lebih tenang, Ibu bisa mengajaknya menyusun balok, atau mewarnai. Untuk memaksimalkan proses belajarnya, Ibu bisa membuat permainan anak-anak yang seru untuk mengedukasi.

Cara untuk melatih kesabaran terhadap anak

Untuk permulaan, Moms bisa meminta anak menunggu dalam hitungan detik. Misalnya ajak anak berhitung 1 – 10 sebelum Moms menuruti keinginannya. Seperti dilansir dari Firstcry, melatih anak bersabar dengan cara menunggu harus melalui tahapan waktu dari sebentar ke waktu yang lebih lama, sehingga anak mudah untuk terbiasa.

Misalnya dengan melatih kesabaran anak saat meminta makanan. Orang tua bisa meminta mereka menahan selama dua menit sebelum orang tua membelikan makanan favoritnya. Anak yang manja biasanya kurang diajarkan, bahwa untuk mendapatkan sesuatu butuh perjuangan dan kerja keras. Anak yang terbiasa dimanja akan mendapatkan apa yang dia inginkan dengan cara mudah dan instan. Orang tua abai dalam melatih kesabaran anak dan mengajarkan bahwa untuk mendapatkan semua yang diinginkan harus ada usaha yang harus dilakukan.

“Wahai sekalian orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan dengan bersabar dan mengerjakan sembahyang, karena sesungguhnya Allah menyertai orang-orang yang sabar.” (QS Al-Baqarah ayat 153). Di dalam Islam dikenal banyak hadits yang menjelaskan soal anjuran untuk berlaku sabar dan keutamaan bersabar. Salah satunya seperti diriwayatkan dalam hadits riwayat Imam Bukhari dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu dikutip Tim Hikmah dari Kitab Riyadhus Shalihin karya Imam An Nawawi. Musim libur tak jarang digunakan pegiat literasi untuk menumbuhkan semangat literasinya.

Berdasarkan knowledge yang dikumpulkan oleh badan kesehatan dunia World Health Organization , satu dari 59 anak di dunia lahir dengan spektrum autisme. Indonesia yang memiliki jumlah penduduk sebesar 237,5 juta dengan laju pertumbuhan penduduk 1,14% diperkirakan memiliki angka penderita ASD (“Autism Spectrum Disorder”) sebanyak four juta orang. Alasan beberapa orang tua terlalu memanjakan anak adalah karena mereka tidak ingin menyakiti perasaan anak atau mendengarnya menangis. Mereka mungkin memilih solusi jangka pendek untuk melakukan apa pun yang dapat menghentikan tangisan tersebut. Padahal jika dilakukan dalam jangka panjang, cara ini akan menyebabkan anak lebih sering menangis untuk mendapatkan apa yang ia inginkan.

Kintaro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *